FESTIVAL BULAN K3 2016 UNIVERSITAS JEMBER


CaptureFestival Bulan K3 Tahun 2016 merupakan ajang kompetisi antar mahasiswa (Karya Tulis Ilmiah) dan untuk Umum (Poster) tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh mahasiswa Peminatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember, rangkaian ini berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja No. Kep. 463/MEN/1993 dan No KEP. 372 /MEN/XI/2009 tentang Bulan K3 Nasional. Ajang ini dilakukan dalam rangka mendukung kemandirian masyarakat Indonesia berbudaya K3 tahun 2020. Acara yang berlangsung dari tanggal 29 hingga 31 Januari 2016 ini mengusung tema ​ “Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya K3 Tahun 2020” yang berlangsung di Gedung Soerachman Universitas Jember. Kompetisi yang ke­dua kalinya ini berupaya untuk meningkatkan kesadaran berbagai pihak untuk selalu mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja, hingga nantinya pada tahun 2020 masyarakat Indonesia sudah berbudaya K3.

Kegiatan ini dimulai dengan pengumpulan ​ full ​ karya ilmiah dengan 49 tim dari berbagai almamater lolos menjadi semifinalis, kemudian hanya dipilih 10 tim sebagai finalis dan berhak mempresentasikan karyanya di Universitas Jember. Salah satunya adalah 2 (dua) tim dari Universitas Muhammadiyah Malang, ​ tim pertama beranggotakan: Elis Suci Prapita Sari A (Psikologi), Dania Ivana Ali (Pendidikan Matematika), Muhammad Zulkarnain Rosyid (Fisioterapi) dengan judul karya ​ “Penerapan ​ Safety Counseling ​ Sebagai Upaya Penanganan Kasus Kecelakaan Kerja Menuju Kemandirian Masyarakat Indonesia Yang Berbudaya K3 Tahun 2020” dan ​ tim kedua beranggotakan Maulana Ahsan (Fisioterapi), Mareta Fitrianingsih (Pendidikan Biologi), Sanut (Peternakan) dengan judul karya ​ “​ Program “Striving Prevention High Level” Dengan Latihan Brain Gym Dalam Penanganan Awal Terhadap Kecelakaan Kerja Pada Pekerja Industrial Akibat Stres”

Capture1

Adapun acara final ini dimulai dengan pelaksanaan ​ technical meeting di Ballroom Hotel Asri Jember pada malam hari tanggal 29 Januari 2016, dilanjutkan esok hari tanggal 30 Januari 2016 presentasi seluruh karya 10 finalis baik KTI maupun Poster di Gedung Soerachman Universitas Jember, kemudian tanggal 31 Januari 2016 dilaksanakan ​ field trip dengan kegiatan penanaman 350 bibit Mangrove di Pantai Pancer Puger Jember, dan diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba pada sore hari di Gedung Soerachman Universitas Jember (31/1/2016). Prestasi: menang ataupun kalah bukanlah hal yang menjadi tolak ukur, berdiri di depan juri dan beraneka ragam almamater sudah menjadi kebanggaan tersendiri. Pengalaman, ilmu, dan teman baru adalah hal yang utama, untuk menjadi juara hanyalah bonus dari semua proses yang telah dilalui. (Elis Suci Prapita Sari A)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s